Close Klik 2x

Bacaan Doa Sesudah Bangun Tidur dan Artinya Lengkap

Doa Sesudah Bangun Tidur - Allah menjadikan siang  terang benderang untuk kita bekerja keras, dan diciptakannya malam kelam agar kita beristirahat dengan tenang. Istirahat, lebih tepatnya tidur, adalah nikmat yang paling besar yang Allah berikan kepada kita. Bayangkan kalau saja Allah tidak menciptakan tidur, entah bagaimana rasanya. Mata terbelalak dari mulai pagi sampai pagi kembali. Tubuh terus bekerja dari petang sampai ke petang lagi. Jangankan manusia, bahkan mesin pun kerap butuh istirahat, agar tidak mudah rusak karena dipaksakan bekerja terus menerus. Benar demikian, bukan?

Bacaan Doa Sesudah Bangun Tidur dan Artinya Lengkap
Bacaan Doa Sesudah Bangun Tidur dan Artinya Lengkap

Nah, untuk mensyukuri nikmat terbesar ini, maka patutlah apabila kita mendahulukan membaca doa ketika hendak tidur, dan pula membaca doa setelah bangun bangun tidur. Adapun doa yang lazim dibacakan yaitu sebagai berikut;

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Teks dalam ejaan latinnya: Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur 
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan dibangkitkan.” 

Doa ini mengandung makna yang sangat kuat. Sebentuk ungkapan syukur kita kepada Allah yang telah menghidupkan kita kembali setelah mati. Kenapa dikatakan demikian? Sebab, bisa saja saat tertidur itu Allah ambil kembali nyawa kita, tanpa disangka-sangka kita tidak ditakdirkan bangun lagi. Pejaman mata saat tidur menjadi pejaman terakhir kali dalam kehidupan ini. Namun, kenyataannya, Allah masih membangunkan kita kembali, memberikan kesadaran seperti semula. Maka patutlah kita bersyukur kepada Allah dengan membaca doa setelah bangun tidur.

Doa ini juga didukung oleh dalil yang kuat, bahwa berdasarkan hadits nabi, baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa’ala alihi wasahbihi wasallam: Hudzaifah radhiallahu ‘anhu dan Abu Dzar, keduanya berkata: Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa’ala alihi wasahbihi wasallam, jika akan tidur  baginda membaca : bismikallahumma ahya wa amutu (artinya, dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati), dan apabila bangun tidur membaca ; alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (artinya, segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit).

Hadits yang disampaikan di atas merupakan hadis sahih, diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Maka sangat tidak patut bila kita enggan membaca doa bangun tidur. Mengingat Rasulullah saja yang bersih dari dosa, yang  telah dijamin surga oleh Allah, tetap membaca doa sesudah bangun tidur, lalu kita yang setiap harinya lalai dengan aktifitas yang tak berguna, Allah berikan juga nikmat tidur, kemudian Allah bangunkan lagi dengan keadaan segar bugar, rasanya keterlaluan bila kita lupa bersyukur. Apabila sebelumnya diantara kita sudah tahu doa ini, tapi tidak dibacakan, maka mulai sekarang sudah bisa digallakkan membaca doa setelah bangun tidur. Janganlah kita lalai dari mensyukuri nikmat Allah. 

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?